AS Pecat Bob Bradley Sebagai Pelatih Timnas

ReutersBeritabola.com Jakarta - Kegagalan demi kegagalan yang diterima Amerika Serikat harus dibayar mahal oleh pelatih Bob Bradley. Pria berusia 53 tahun itu diberhentikan dari posisinya oleh asosiasi sepakbola Amerika Serikat.

"Kami ingin berterima kasih pada Bob Bradley atas pengabdian dan dedikasinya pada sepakbola Amerika Serikat dalam lima tahun terakhir. Selama periode sebagai pelatih di tim sepakbola pria tim ini berhasil meraih beberapa pencapaian, tapi kami merasa ini adalah saat yang tepat buat kami melakukan perubahan," sahut presiden Asosiasi Sepakbola AS, Sunil Gulati.

Bradley ditunjuk sebagai pelatih timnas AS sejak tahun 2006 silam, dengan awalnya berstatus sebagai caretaker hingga kemudian resmi diangkat setahun berselang. Dalam kurun tersebut beberapa sukses sempat dia raih dengan yang paling tinggi adalah menjuarai Gold Cup 2007.

Mantan pelatih MetroStars, Chivas USA, Chicago Fire dan DC United itu juga sukses meloloskan Amerika Serikat ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Berhasil lolos ke 16 besar, langkah Landon Donovan dkk langsung terhenti di tangan Ghana.

Namun dalam dua tahun terakhir Bradley gagal memberi sukses buat timnya. Dia juga dianggap bertanggung jawab atas dua kekalahan AS di final Piala Emas 2009 dan 2011, yang keduanya dipaksa tunduk atas Meksiko.

Di edisi tahun 2009 AS menyerah 0-5 di laga yang dilangsungkan di kandang mereka sendiri. Sementara untuk edisi 2011, AS sempat memimpin 2-0, untuk akhirnya kalah 2-4.

"Selalu sulit untuk membuat keputusan ini, terutama saat itu melibatkan seseorang yang kami sangat hormati seperti Bob. Kami mendoakan yang terbaik buatnya di masa depan," lanjut Gulati seperti diberitakan AFP.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.