Jalan Merah Putih Masih Panjang

Jalan Merah Putih Masih Panjang Tim nasional (timnas) Indonesia lolos ke kualifikasi babak ketiga Pra-Piala Dunia (PPD) 2014 Zona Asia. Tapi, perjalanan skuad Merah Putih menuju Brasil 2014 pada putaran final pesta sepak bola sejagat masih panjang.

Setelah lolos dari kualifikasi babak kedua, masih ada dua level untuk menuju putaran final. Tentu, kenyataan ini membuat pekerjaan tak mudah, meski ada empat wakil langsung dari Asia yang bisa melaju ke Brasil secara langsung. Pada kualifikasi babak ketiga, timnas bergabung dengan 14 tim pemenang di babak kedua plus lima negara unggulan teratas yang mendapat bye sebelumnya.

Menuju babak ketiga, 20 tim yang akan bertarung dibagi ke dalam empat pot unggulan. Indonesia masuk Pot 4 bersama wakil Benua Kuning pada Piala Dunia 2010 Korea Utara (Korut) plus duo kuat Asia Tenggara Singapura dan Thailand serta Lebanon. Jadi, kemungkinan besar skuad Merah Putih bisa berjumpa tim kuat Ras Kuning seperti Korea Selatan (Korsel), Jepang, hingga China.

Peluang berjumpa Australia atau Arab Saudi pun terbuka, termasuk tim asal Jazirah Arab lainnya yang mulai naik daun, Bahrain. Menanggapi semua itu, Asisten Pelatih Timnas Rahmad ’RD’ Darmawan belum banyak mengeluarkan komentar.

Menurut RD, persiapan timnas menuju kewajiban selanjutnya belum dibahas secara detail seusai mengalahkan Turkmenistan, dua hari lalu. Tapi, yang pasti, RD bersama Wim Rijsbergen selaku pelatih kepala timnas, akan menunggu hasil drawing yang dilakukan di Marina da Gloria, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (30/7) atau Senin (31/7) pagi WIB.

”Untuk saat ini kami memang memulangkan mereka (pemain) ke klub masing-masing. Tapi, kami akan secepatnya memanggil mereka kembali. Apalagi, persiapan menyambut awal pertandingan babak ketiga hanya menyisakan satu bulan lagi,” ujar RD.

Meski dalam kondisi libur, RD tetap akan berusaha melakukan kontak dengan Firman Utina dkk. Menurut dia, menjaga kesolidan tim sangat penting seperti yang ada sekarang ini. Pelatih yang masih terikat kontrak dengan Persija Jakarta ini mengharapkan semua pemain menjaga kondisi.

Sementara itu, Wim menginginkan timnas memiliki persiapan lebih baik menghadapi laga babak ketiga. Pelatih berpaspor Belanda itu juga mengharapkan skuad Merah Putih melakukan uji coba internasional untuk memaksimalkan pola permainan anak asuhnya.

”Selain persiapan yang cukup dibandingkan pada pertandingan ini, saya ingin ada laga internasional untuk timnas. Saya kira hal itu penting untuk menambah jam terbang para pemain dan membuat tim semakin solid,” cetus pemilik nama lengkap Wilhelmus Gerardus Rijsbergen, selepas laga kontra Turkmenistan, Kamis (28/7).

Perlu diketahui, persiapan timnas menuju laga PPD 2014 sangat pendek. Firman dkk memulai persiapan pada Jumat (15/7). Skuad Merah Putih lalu melakoni laga legpertama pada Sabtu (23/7) dan menjalani partai kedua dua hari lalu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.